IMPLEMENTASI METODE BELAJAR BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN PKn SD/MI

IMPLEMENTASI METODE BELAJAR BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN PKn SD/MI

 

 

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

 

KUSAERY MUSTOPA

 

DAFTAR ISI

 

Judul

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….     i

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………………….     1
  2. Silabus Pembelajaran PKn ……………………………………………………………….     3
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PKn …………………………………………..     7
  4. Contoh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Pembelajaran PKn     11

Lampiran

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         :  ……………………….

Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )

Kelas                                       :  VI

Semester                                 :  1

STANDAR KOMPETENSI   :  1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

 

Jenis Tagihan

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

  1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Perjuangan Meraih Kemerdekaa.
  • Indonesia dijajah oleh Bangsa Asing
  • Perlawanan rakyat di berbagaiwilayah.
  • Kebangkitan Nasional.
  • Organisasi mem-perjuangkan kemerdekaan
  • Sumpah Pemuda.
  • Isi Sumpah Pemuda.
  • Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945

 

  • Membahas perjuangan-perjuangan
  • Menyebutkan berbagai organisasi yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia.
  • Menyebutkan nama- nama para tokoh organisasi yang memperjuang-kan kemerdekaan.
  • Membahas isi Sumpah Pemuda
  • Membahas isi Pancasila
  • mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
  • Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
  • Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
  •  Menyebutkan isi Pancasila
  • Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
  • Tugas individu
  • Penilaian lisan.
  • Penilaian tulis
  • Penilaian sikap
  • Mencerita-kan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2 x 35 (menit)
  • Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sri-wilujeng, M.pd.) hal 1-4, 4-11, 12-19.
  • Teman
  • Orang tua
  • Koran. Dst.
  1.2.  Menceritakan secara singkatnilaikebersamaandalamprosesperumusanPancasilasebagaiDasar Negara.
  • Proses perumusan Pancasila.
  • Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
  • Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
  • Perumusan Dasar Negara RI.
  • Isi perumusan Dasar Negara
  • Panitia Sembilan
  • Anggota Panitia Sembilan
  • Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
  • Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
  • Membahas Persiapan Kemerdekaan  Indone-sia.
  • Menyebutkan tokoh-tokoh pengurus Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdeka-an Indonesia.
  • Mengetahui proses perumusan Dasar Negara RI.
  • Menyebutkan nama-nama para tokoh peru-mus Dasar Negara RI.
  • Menyebutkanisi rumusan tiap-tiap tokoh perumus Dasar Negara RI.
  • Menyebutkan nama-nama anggota Panitia Sembilan.
  • Menyebutkan isi Piagam Jakarta
  • Membahas Panitia Persiapan Kemerdeka-an Indonesia
  • Membahas isi Pancasila
  • Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
  • Menyebutkan isi Piagam Jakarta
  • Menyebutkan isi Pancasila
  • Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
Tugas Individu
  • Penilaian unjuk kerja.
  • Penilaian tulisan.
  • Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
4 x 35 menit
  • Buku Paket hal 4 -11.
  1.3. Meneladaninila-nilaijuang para tokoh yang berperandalamprosesperumusanPancasilasebagaiDasar Negara dalamkehidupanseharí-hari
  • Meneladani nila-nilai perjuangan
  • Membaca dan mengamati gambar.
  • Menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang tepat lalu mewarnainya.
  • Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
  • Tugas individu
  • Penilain tulisan.
  • Penam-pilan kap.
  • Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
2 x  35 menit.
  • Buku Paket
   
  • Perjuangan membela kemerdekaan:
  • Persiapan kemerdekaan Indonesia.
  • Perumusan Dasar Negara RI.
  • Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945
  • Teladan para pejuang
  • Menjawab ulangan berisi materi yang berkaitan dengan nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Tugas latihan.
  • Ulangan harian.
  • Pilihan ganda.
  • Essai.
  • Arti Pancasila adalah ….
a. tiga sila

b.empat sila

c. lima sila

d.enam sila

 

 

 

2 x 35 menit

  • Buku paket hal 23– 24.
  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggungjawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Integritas (integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

Mengetahui,

Kepala Sekolah………

 

(…………………………………………………..)

  NIP : ………………………………

 

……….., ………………………. 20…..

Guru Mapel PKN.

 

(…………………………………………………..)

NIP : ………………………………

 

 

 

 

 

C. Recana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah        :  …………………………….

Mata Pelajaran       : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                        : VI (Enam)

Semester                  : I (Satu)

Alokasi Waktu        :  2 x 35  menit

 

Standar Kompetensi

1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

 

Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

       o  Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan

       o  Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional

       o  Mencneritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda

 

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa diharapkan  mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan .dengan berani.
  • Siswa diharapkan mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan dengan berani.
  • Siswa diharapkan  mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan dengan berani.

 

Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggungjawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas (integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

 


 

  1. A.    Materi Ajar
  • Proses perjuangan meraih kemerdekaan
  1. B.       Metode Pembelajaran
    1. 1.    Model Pembelajaran
      1. Cotectual Learning (CTL)
      2. Cooferatif Learnig
      3. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
      4. 2.    Metode Pembelajaran
        1. Bermain peran
        2. Diskusi degan teman sebangku
        3. Tanya Jawab
        4. Penugasan
        5. C.    Langkah-langkah Kegiatan
  • Kegiatan Awal

F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.

F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

F Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.

F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.

  • Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Semua siswa diminta menyimak Teks cerita pahlawan dalam sekenario dialog yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai pahlawan Indonesia.

F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.

F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.

F Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.

F Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


 

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

 

  1. D.    Sumber/Bahan Belajar
  • Teks cerita pahlawan dalam sekenario dialog
  • Gambar/foto para pahlawan.
  • Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
  • Surat Kabar, dst.

 

  1. E.     Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan

 

  • Tugas individu
  • Penilaian lisan.
  • Penilaian tulis
  • Penilaian sikap
  • Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1. Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

 

 

 

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

 

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk Jumlah Skor Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas VI

 

 

 

  …………………………….                                            …………………………….

  NIP :                                                                     NIP :

 

 

 

Lampiran

  1. 1.        Poto Ir. Soekarno

 

 

Ir. SOEKARNO

 

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

(dok. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/01/Presiden_Sukarno.jpg/

175px-Presiden_Sukarno.jpg.png)

 

  1. 2.        Ruang tamu rumah persembunyian Bung Karno di Rengasdengklok

 

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/20/Altar_ruang_tamu.jpg/300px-Altar_ruang_tamu.jpg

Ruang tamu rumah persembunyian Bung Karno di Rengasdengklok.

(dok. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/20/Altar_ruang_tamu.jpg

/300px-Altar_ruang_tamu.jpg)

 

 

About these ads

Tentang Bang Akil

saat masa depan mengejar kita,,,hidup merdeka dalam setiap peristiwa

Posted on 12 April 2012, in Serpihan Perkuliahan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: