DRAMA UNTUK PEMBUKAAN PERPUSTAKAAN

Drama ini hanyalah fiktif belaka. Jadi mohon maaf kalo terdapat kesamaan nama, karakter, tempat dan hal lain yang berhubungan dengan ini hanyalah untuk keperluan hiburan semata.

Image

KONSEP CERITA

Cerita yang diambil dari keadaan suatu lingkungan masyarakat pedesaan, serta mengadopsi dari cerita-cerita karya seniman sunda, bahasa yang digunakan ialah bahasa Indonesia dan bahasa Sunda. Drama ini merupakan drama langsung tanpa menggunakan narator/sutradara.

SINOPSIS CERITA

Seorang siswa yang tidak bisa membaca akibat kurangnya perhatian dari orang tua, dan kebetulan lagi ia mempunyai ayah yang kurang pandai membaca, sehingga sang istri pun selalu jengkel kepada suaminya karena tidak bisa membaca yang akhirnya anaknya pun ikut tidak bisa membaca, terlebih lagi ayahnya seorang pengangguran.

Kedua orangtua ini selalu saja bertengkar mempermasalahkan ekonomi, sang isti selalu memerintahkan kepada suaminya untuk mencari pekerjaan, tapi selalu gagal karena ia tidah pandai membaca bahkan pendidikannyapun tidak cukup memadai hanya sampai SD (istrinya sampai SMP-an lah). Selanjutnya Ibu guru mengunjungi keluarga siswa untuk memberikan saran.

Si suami menyadari keadaannya, sehingga kini ia dan istrinya kompak untuk lebih perhatian kepada anaknya.

KONSEP PANGGUNG/PERALATAN

Panggung terbagi menjadi dua bagian

  1. Panggung berlatar rumah/halaman rumah (tempat penjemuran dan tanaman)
  2. Bangunan Perpustakaan (meja dan buku-buku)

KONSEP BUSANA

Eben           : pakaian biasa da seragam sekolah (sesuaikan)

Emeh          : kaos longgar memakai bawahan (samping we lah)

Demed       : kaos dan kolor di lehernya pake handuk dan juga memakai topi.

Bu Guru     : Pakaian bu guru we kumaha lah…….!

KONSEP MUSIK

Chirstopher Nelwan – Jari-Jari Cantik (Di awal)

Lagu Claudia Sinaga – Ini Mimpiku (Di Tengah)

The Panas Dalam – Budak Baheula (Di akhir)

PARA PEMERAN

Eben           : anak/siswa sekolah….(SD/SMP/SMA kareplah)

Emeh          : istri Demed/orang tua siswa

Demed       : suami/orang tua siswa

Bu guru      : guru Eben

Pengatur panggung (bila perlu)

KARAKTER PEMERAN

Eben           : lugu

Emeh          : galak

Demed       : suka ngomong ceplasceplos!

Bu guru      : sopan, rapih, lemah lembut.


NASKAH

Lagu Christoper Nelwan – jari-jari cantik

Seorang siswa yang baru pulang dari sekolah dengan muka murung dikarenakan ia tidak bisa membaca …

Anak/Eben : “bermuka murung dan langsung jongkok sambil melempar-lempar batu

Emeh     : “ben! Ebeeeen…. Ari eben kunaon bet datang-datang hulang-huleng kitu?”

Anak      : “teu kunanaon Ma,,ngan resep we abimah hulang huleng teh,,” (eben berdiri langsung menghadap ibunya) “yeuh ma! Saking abi resep-resepna ngahuleng,,etah da disakolage abimah hulang huleng we,,terang-terang teh uih wae sakolateh,,hhee hebat nya ma ?”

Emeh     : “hebat-hebat…barinanage mikiran nahaon atuh ngahuleng teh, ulah sok sagala dipikiran sing stres, anak muda teh teu aya pisan kahoyong geuning…”

Anak      : “puguh abiteh tadi,,,di tes maca ku bu guru teh ma…!”

Emeh     : “terus maneh bisa ?”

Anak      : “nya puguh we atuh……henteu !” (bari ngoyoyod ka jero imah)

Emeh     : “hah da maneh mah moal jauh beda jeung bapa maneh,,sarua teu bisa macana”

Suami Emeh pun keluar dari rumah menghampiri mereka …

Demed   : “yeeeeeeeee….ari si Emeh, ulah sok ngomong kitu…. kieu-kieu ge lulusan SD…” (berlaga bangga)

Emeh     : “Aeh…aeh ari bapana, SD ge…. bapak mah teu tamat-tamat acan…” (sambil mengambil sapu lidi)

Demed   : “Ceuk saha ? bapamah teu tamat (bari ngabalieur).

Emeh     : “Lah kamari basa aya undangan ti pa abdul gening menta pangmacakeun ka mang ubed,,da bapamah teu bisa meureunnya macana? Paingan si Eben ge teu bisaun maca,,tuda kumaha ge bapa na….mun ceuk paribasamah uyah tara tees kaluhur,,,

Demed   : “Nya puguh we atuh da uyah nage beakeun wae urangmah,,mun uyahna geus mang bulan-bulan teu di pake karek meureun tees…

Haaaaa atuh kumaha mun urang jeung ngadu`a sangkan uyah tees ka luhur,,mih si eben pinter macana…!!!!

Emeh     : yeh ari di ajak ngomongteh sok kamana wae…teu bisa macamah-teu bisa wae…make ngaruksak teuing paribasa!!!

Demed   : “geus gandeng, ulah sok kitu….teu apal keur kelas 1 bapak juara ka 1!!!”

Emeh     : “laaah juara ka 1 palebah mana na…..”

Demed   : “nya juara ka 1 we…ek tibelah tukang,,,ek ti belah hareup,,,etamah kumaha ka ikhlasan urang…!”

Emeh     : “ka ikhlasan-kaikhlasan nanahaon,,ari budak teu bisa macamah ngerakeun ku batur,,! rek kumaha kahareupna budak teh ari teu bisa macamah…”

Demed   : “haaaaa kumaha engeke we,,,maung ge nu teu bisa maca,,teu weleh hirup, teu eleh ku nu pinter maca! Sok adukeun maung jeung jalma nu pinter maca,,,aing taruhan meunang maung siah!!!!!”

Emeh     : “nya,,manehmah ari diajak ngomong teh sok kalah ngacapruk kamana wae!” yeuh maksud aingmah, yeuh dengekeun,,,peupeuriheun urang teh teu bisa maca,,,buta hejo??!!

Demed   : “buta huruf !”

Emeh     : “heueuh eta maksud aingge buta huruf!!!” cik atuh ari kahayangmah budakteh sing pinter…tuh kawas anak batur nepi ka lulus boga ijabah!!!

Demed   : “lain ijabah atuh ijazah”

Emeh     : “lah sarua wae nyebutnamah,,rek ijabah rek ijazah,,etamah kumaha ka ikhlasan urang…”

Demed   : “nya da silaing nu ngcaprukmah”

Emeh     : tuda keuheul aingmah,,komo mun jiga batur,,di ajarteh nepi ka jaradi sujana???

Lain sujana atu siah sarjana ! sing baleg atuh nyarita teh….

Demed   : aeh2 ari si Emeh….

Emeh     : Tuda kesel aingmah kesel Demed,,,Indit siah-indit nengan duit!!!

Demed   : “beu, teungarti aingmah ! manehmah ti mimiti ku aing dikawin tepi ka ayeuna hayoh we butuh ku duit, asa teu insyaf-insyaf!

Emeh     : “yeuh aing butuh duit soteh keur meuli buku keur si Eben,,!!!

Demed   : “haaaaaa na euweuh nu gratis kitu??? Asa teung teuingeun,,buku jeung beas euweuh bedana kudu we di beuli!!! Nya atuh kuring ek indit neangan duit,,(Demed indit kaluar)

Emeh     : “heueh jung!!!”

Hm kieu gening jadi jalma bodo teh,,di udag-udag kasusah!

Eben keluar menemui ibunya…

Anak      : “ma! Ari bapa ek kamana cenah ma ?”

Emeh     : “nya biasa weeeee,,,,,,,,,,,Dines,,,,,Buburuh ngalaan kalapa ka Pa Apud!”

Anak      : “oh,,”

Emeh     : “eh ben ! ari eben ayeuna bade kamana ?”

Anak      : “mmm moal kamana-mana ma, kumaha kitu ma ?”

Emeh     : “iiiiiiiih sukur atuh moal kamana-mana mah,,pang ngalakeun cai saembermah atuh jung”

Anak      : “kanggo naon atuh cai saember ma ?”

Emeh     : “eta ek ngamadian tai kotok tu na terlas”

Anak      : “oooh nya atuh ma,,eben ka lebak heula….”

Eben pergi mengambil air ….dan masuklah Demed !

Demed   : “haaaaaaaa jaman sakieu,,,hese neangan duiteh !”

Emeh     : “nya ceuk aing oge,, matak jadi jalma mah kudu pinter ! ”

Demed   : “naon maneh mah geus balik deui-balik dei kadinya”

Emeh     : “aaaaah da enya atuh,,yeuh mun sia pintermah,,meureun ngala duiteh gampang,,tuh tempo para pajabat pan teu hararese neangan duiteh,,da pinter”

Demed   : “heu euh enggeus atuh,,gandeng ngan nguruskeun wae kudu pinter-kudu pinter!”

Emeh     : “teu boga duitmah, kumaha, rek pang meulikeun buku bacaan jeung si Eben”

Demed   : “haaaaaaa keun wege!”

Emeh     : “yeh,,yeuh ari sakira-kirana embung tanggung jawabmah, naha atuh siateh make boga budaaak,,!”

Demed   : “har, urusan boga budakmah lain salah aing,,aingmah lalaki”

Emeh     : “euleuh-euleuh, jadi salah aingnya ?”

Demed   : “nya heueuh,,

Urusan boga budakmah salah awe-we,,,tempo we asal usul budak ! kapan asalmah ti sia,,,aingmah sakadar usul”

Emeh     : “dasar siamah lain jelma,,,juuuuuuurig!”

Demed   : “aeh, dimana aya jurig ngala kalapa Emeh”

Tiba-tiba Eben datang bawa emeber …..

Eben                    : “yeeh eta kolot-kolot ngan hayoh we parasea,,,euweuh ka cape !” (kembali ke luar)

Emeh & Demed : (tersenyum bengong wungkul)

Seorang guru mendatangi orang tua siswa dan berdialog dengan orang tua siswa …

Bu Guru : “permisi…..!”

Demed   : “tah aya semah tah….”

Bu Guru : “permisiiii !”

Demed   : “terserah,,,”

Emeh     : “aeh-aeh,,ai sia kunaon ngajawabteh sing baleg atuh,,,Silahkan masuuuk….”

Demed   : “terimakasiiih,,,”

Emeh     : “lain ka sia,,,kasemah kaditu,,,(bari ngebug ku sapu)

Bu Guru   : “permisiiii !”

Demed   : “silahkan memasukinya…!”

Emeh     : “aeh….”

Bu Guru   : “maaf bu,,bapa maaf,,, mengganggu,,,apa betul disini rumah orang tuanya Eben Sureben Saputreben ?

Demed   : “betul, a a aa ada apa ibu dengan Eben Sureben Saputreben ?”

Bu Guru   : “oh tidak apa-apa pa, bu….Eben itu siswa yang sangat baik ko pa bu,,,(sambil terus pura-pura muntah) uowleeee……..cuman eben itu sepertinya kurang mendapat perhatian saja heheh !

Emeh     : “tah kadenge-kadenge kuceuli sia…(sambil menjewer telinga demed) kadenge ? kesel aingmah….”

Bu Guru   : (Olohok) “Satu Ayah lebih berharga dari 100 guru disekolah”

Emeh     : “tah kadenge-kadenge kuceuli sia…(sambil menjewer telinga demed) kadenge ? kesel aingmah….”

Demed   : Da maneh make kadieu sagala lah…(sambil menghampiri guru)

Bu guru : “Data dari statistic mengatakan bahwa orang yang bertumbuh tanpa kasih sayang  seorang ayah akan tumbuh dengan kelainan perilaku, kecenderungan bunuh diri dan menjadi criminal yang kejam.  Sekitar 70% para penghuni penjara dengan hukuman seumur hidup adalah orang yang bertumbuh tanpa ayah (tanpa kedekatan emosional dari ayahnya). Disamping itu juga Doa seorang ayah untuk anaknya bagaikan “turbo” untuk kesuksesan seorang anak. Bahkan doa yang benar-benar dilakukan seorang ayah, mampu mengubah karir seorang anak jauh melampaui karirnya sang ayah. Figur seorang Ayah adalah figur yang sangat penting dijaman sekarang ini. Karena banyak sekali anak yang kehilangan figur seorang ayah dan mencari perhatian ayahnya dengan melakukan apa yang kita sebut “kenakalan”.

Demed   : “terus kumaha ! apa sambungannya jeung saya ? (sambil ngabalieur)

Emeh     : lain sambungan atuh hubungan!!!

Bu Guru   : Para Ayah, anda sangat dirindukan dan dibutuhkan anak-anak anda untuk bekal kehidupan di masa depannya. Jangan habiskan seluruh energy dan waktu di tempat kerja, sehingga waktu dirumah hanyalah sisa energy dan duduk menonton tv atau membaca koran. Seorang anak perlu pelukan dan telinga dari ayahnya untuk mendengar, mengerti apa yang diceritakan sang anak.

Demed   : “emhh nyaan iyeumah geu deukeut keretegteh Emeh,,(sambil mengelus-ngelus dada)

Emeh     : suuuuuut !!!(melarang bicara)

Demed   : “yeeeh,,bu ! sayateh bekerja untuk menafkahi keluarga,,kulakukan semua itu demi keluarga…! ah lieur yeuuh ….

Emeh     : yeeeh ari maneh sing sopan atuh berbicara pada tamu teh…” “maaf bu, suami saya orangnya suka membanyol…

Bu Guru   : oh tidak apa-apa bu hehehh! Maaf pa “Kulakukan semua untuk keluarga” adalah jawaban klasik yang muncul di mulut kebanyakan ayah, “saya bekerja untuk siapa kalau bukan untuk keluarga”, tetapi yang sering terjadi adalah keluarga menjadi korban. Maunya yang terbaik buat keluarga tetapi keluarga jadi korbannya, kelak dan dimasa tuanya terjadi kebingungan, kenapa keluarga kok amburadul semua, “salah dimana?” Ya tentunya anda sekalian tahu dimana letak salahnya, bukan.

Demed   : “beu! Aing salah dei wae ngomongteh…! (sambil ngabalieur)

Bu Guru   : Seorang manusia, akan mempunyai kehidupan yang maksimal jika “dia diampuni dan mau mengampuni”. Ini adalah dasarnya. Bagi anda seorang ayah, maukah anda mengampuni anak dan minta maaf kepada anak untuk kebaikannya kelak dikehidupan masa depan? Dan anda sendiri sebagai ayah akan menjadi ayah yang sangat maksimal bagi keluarga dan lingkungan sekitar anda.

Demed   : hah aingmah nyao lieur… terus memangnya salah saya teh apa atuh,, teu puguh-puguh saya kudu meminta maaf ka budak saya ? eeeeera deuleu!

Bu guru : hm hm hm kesalahan bapak adalah bapak kurangnya memberikan perhatian kepada anak bapa,,itu salah satunya !

Demed   : emh meureun heueh nya Emeh,,,kita teh kurang perhatian sama anak kita,,,(sambil sedih dan menggandeng isternya)

Bu guru : Ajarkan kebenaran tentang moral dan sopan santun dan tentunya para ayah tidak akan menyesal kelak dalam kehidupan dewasa, sang anak akan mengamalkan didikan dari sang ayah. Hm hm hm hm saya pamit dulu ya bu,,pa ! maaf kalo kedatangan saya kesini membuat bapak ibu tersakiti, teraniaya, terhina, tersinggung, dan wajarlah kalo saya berbicara seperti tadi,,karna saya guru,,hehehehhh

Emeh, Demed : tangtos-tangtos,,tidak apa-apa !

Demed   : malah kami berterimakasih sekalih dan sebanyak-banyaknya kali kepada ibu … kumargi ibu telah membere ketahuan dari apa-apa yang tadinya saya tidak tau,,hehehhh

Bu guru : ya sudah saya akan pamit dulu,,asalamu`alaikum???!

Emeh, Demed : wa`alaikum salam !

Demed : “hmmmm bener horengge Emeh,,kasalahan teh teu jauh aya di urang,,mun ceuk paribasanamah pohon tara jauh rag-ragna tina buah”

Emeh     : “lain pohon tara jauh rag-ragna tina buah, tapi buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”

Demed : “ah etamah bahasa indonesiana,,da uingmah tadi make kana bahasa sundakeun,,,”

Emeh     : nyao ! (semua keluar)

Keesokan harinya eben Pulang sekolah,,Guru menghampiri siswa dan memberi saran untuk belajar membaca …

Lagu Claudia Sinaga – Ini Mimpiku

(eben masuk lalu berdiam diri kaya yang lagi menikmati kehidupan)

Bu Guru   : “Ben ! kamu cita-citanya pengen jadi apa? (sambil berjalan)

Anak        : saya mau jadi pengusaha bu!

Bu Guru   : “wah bagus sekali cita-cita kamu,,tapi eben harus pintar dulu ! kamu tahu ? kamu harus pinter itu kenapa?

Anak        : “supaya perusahaan saya maju nya bu!

Guru        : “iya benar selain itu juga, Supaya kamu bisa buat perusaahn bagus. Jadi kamu bisa pekerjakan orang-orang yang pinter”

Anak        : “oh begitu ya bu !” tapi bu saya nya gak pinter,,gimana mau pekerjakan orang pinter ?

Bu Guru   : “nak tahu gak kalau kita ini keturunan orang pintar, jadi kamu pasti jadi anak yang pintar dan cerdas”.

Anak        : “tapi bu bapa saya kan gak pinter,,membaca surat undangan saja suka nyuruh orang lain!

Bu Guru   : “kata siapa,,mungkin saja orang tua kamu sedang sibuk dan tidak mau membaca,,,tidak mau membaca bukan berarti tidak bisa membaca…” kamu harus belajar rajin yah, supaya nanti kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak sekali”

Anak        : “iya bu…”

Bu Guru   : “kamu adalah anak yang hebat dan luar biasa. Setelah ini langsung pulang kerumah yah? Jangan kemana-mana…”

Anak        : “iya bu!”

Bu Guru   : “hmmmm ibu pulang duluan yah ben…”

Anak        : “iya bu,,asalamu`alaikum?”

Bu Guru   : “walaikum salam…hati-hati ya ben…(sambil dadah)”

Eben mendatangi perpustakaan, dan orang tuanya mengintip sambil tersenyum dan bersyukur (perhatian tiditunamah) …

Eben      : (masuk mendatangi perpustakaan, dan membaca buku)

Demed   : emh untungnya di urang ayeuna geus aya perpustakaan,,geratis hehe teu kudu meli buku ayeunamah,,tinggal daekna!

Emeh     : bener Demed,,ku ka ayaan kieumah si Eben teu weleh jadi jelma! Heuheueheu….

Demed   : amin ! hayu urang balik dei jeung nyiapkeun sangu keur dahar si eben engke balik tidieu.

Emeh     : hayu wae ah……….

Lagu The PANDAL – budak baheula

Eben pun pulang…..

 

……………..Selesai We……………

About Bang Akil Bent

Sudah Lahir Sudah Terlanjur...Mengapa Harus Menyesal...Hadapi Dunia Berani!!!

Posted on 1 Maret 2012, in Drama. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: