IMPLEMENTASI METODE BELAJAR BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN PKn SD/MI
IMPLEMENTASI METODE BELAJAR BERMAIN PERAN DALAM MATA PELAJARAN PKn SD/MI
v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
Normal
0
false
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
MicrosoftInternetExplorer4
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
KUSAERY MUSTOPA
DAFTAR ISI
Judul
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………. i
- Latar Belakang ………………………………………………………………………………. 1
- Silabus Pembelajaran PKn ………………………………………………………………. 3
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PKn ………………………………………….. 7
- Contoh Penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Pembelajaran PKn 11
Lampiran
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ……………………….
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : VI
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pengalaman Belajar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/ Alat |
||||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
||||||||||
1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. |
|
|
2 x 35 (menit) |
|
||||||||
1.2. Menceritakan secara singkatnilaikebersamaandalamprosesperumusanPancasilasebagaiDasar Negara. |
|
Tugas Individu |
|
4 x 35 menit |
|
|||||||
1.3. Meneladaninila-nilaijuang para tokoh yang berperandalamprosesperumusanPancasilasebagaiDasar Negara dalamkehidupanseharí-hari |
|
2 x 35 menit. |
|
|||||||||
|
a. tiga sila
b.empat sila c. lima sila d.enam sila
|
2 x 35 menit |
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggungjawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Integritas (integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship ) | ||||||||||||
Mengetahui, Kepala Sekolah………
(…………………………………………………..) NIP : ……………………………… |
……….., ………………………. 20….. Guru Mapel PKN.
(…………………………………………………..) NIP : ……………………………… |
|||||||||||
C. Recana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Indikator Pencapaian Kompetensi
o Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
o Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional
o Mencneritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
Tujuan Pembelajaran
- Siswa diharapkan mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan .dengan berani.
- Siswa diharapkan mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan dengan berani.
- Siswa diharapkan mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan dengan berani.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggungjawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas (integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
- A. Materi Ajar
- Proses perjuangan meraih kemerdekaan
- B. Metode Pembelajaran
- 1. Model Pembelajaran
- Cotectual Learning (CTL)
- Cooferatif Learnig
- Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
- 2. Metode Pembelajaran
- Bermain peran
- Diskusi degan teman sebangku
- Tanya Jawab
- Penugasan
- C. Langkah-langkah Kegiatan
- 1. Model Pembelajaran
- Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak Teks cerita pahlawan dalam sekenario dialog yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai pahlawan Indonesia.
F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
- D. Sumber/Bahan Belajar
- Teks cerita pahlawan dalam sekenario dialog
- Gambar/foto para pahlawan.
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
- Surat Kabar, dst.
- E. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. | Konsep | * semua benar
* sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4
3 2 1 |
& Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Pengetahuan
Sikap |
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan
* Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap |
4
2 1
4 2 1 |
& Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan |
Sikap |
|||||
1.
2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
……………………………. …………………………….
NIP : NIP :
Lampiran
- 1. Poto Ir. Soekarno
Ir. SOEKARNO
v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
Normal
0
false
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
MicrosoftInternetExplorer4
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
(dok. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/01/Presiden_Sukarno.jpg/
175px-Presiden_Sukarno.jpg.png)
- 2. Ruang tamu rumah persembunyian Bung Karno di Rengasdengklok
v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
Normal
0
false
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
MicrosoftInternetExplorer4
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
Ruang tamu rumah persembunyian Bung Karno di Rengasdengklok.
(dok. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/20/Altar_ruang_tamu.jpg
/300px-Altar_ruang_tamu.jpg)
Posted on 12 April 2012, in Serpihan Perkuliahan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.
Tinggalkan komentar
Comments 0